Buat apa sih kita baca blog atau majalah bisnis? Pastinya kita ingin tau update di bidang bisnis tertentu. Kita pun sadar atas tren bisnis tertentu. Kalo kata “orang dulu” nih, biar bisa berguna sebagai SDM kita musti ngikutin tren bisnisnya. Terus, gimana dong dengan skill yang udah kita latih? Jawabannya, latih lagi tapi untuk aplikasi yang berbeda. Latih skill kamu supaya matching sama tren yang lagi berjalan.

Nih contoh-contohnya:

  1. Skill: Photography
    Purpose: Cocktail Photography
    Kalau food photography udah terlalu banyak diminati, coba deh yang satu ini. Masih belum banyak loh yang mendalaminya. Dengan skill cocktail photography ini kamu bisa dapetin photo yang eye-catching cuma dengan kamera smartphone doang! Penasaran? Mulai dengan ikutin Basic Cocktail Photography dari Djournal.
     
  2. Skill: Entrepreneurship
    Purpose: Coffee Business
    Ini nih tren bisnis yang bener-bener kerasa banget. Kalau dulu harus jauh-jauh buat ngopi yang enak, sekarang kedai kopi dan kafe ada dimana-mana. Tapi, ada trik tersendiri biar kedai kopimu menarik dan berkualitas. Pelajarin trik-triknya di Peel Talk Discussion: What Is The Secret To A Successful Coffee Shop dari Peel.
     
  3. Skill: Financial Planning
    Purpose: Stock Investment
    Kalau yang satu ini pasti udah dipelajari oleh kamu yang suka financial planning. Tapi, gak ada salahnya Kok mempertajam skill kamu secara khusus untuk berinvestasi di saham. Kamu bisa belajar dari GEMI di Gemi Talks Stock Invesment 101.

Gimana? Dengan menekuni keterampilan yang sama secara lebih fokus, kamu pasti bisa bernilai guna. Baik sebagai pencari kerja, pekerja, atau pemilik usaha sekalipun kamu bisa kok ngikutin zaman dengan melakukan trik ini.