Geometry Selects: Tingkatkan Produktivitas Lewat Aplikasi
geometry_media  geometry_media

11-01-2021

Geometry Selects: Tingkatkan Produktivitas Lewat Aplikasi

  

Produktivitas. Kata yang terkadang menjadi momok bagi banyak orang – mulai dari para entrepreneur, pekerja kreatif, hingga konglomerat sekalipun. Meski terdengar berat untuk mencapainya, namun menjadi produktif dianggap sebagai langkah mudah menuju sebuah kesuksesan.

Lalu bagaimana cara untuk mewujudkan produktivitas tersebut? Inilah pertanyaan hampir semua orang. Terlebih saat ini kita masih berada dalam situasi pandemi yang memaksa kita untuk bekerja dari rumah atau work from home – yang justru terkadang menurunkan produktivitas kita.

Untungnya teknologi kini dapat mempermudah segala hal, termasuk urusan pekerjaan sehingga kita dapat menjadi lebih produktif dengan bantuan aplikasi-aplikasi terbaru.

Berikut ini merupakan beberapa apps pilihan Geometry yang dapat di-download untuk membantu pekerjaan agar lebih produktif lagi:

Pocket (iOS & Android)

Saat menjelajah internet, pasti kita akan bertemu banyak website atau informasi yang menarik. Saking banyaknya, biasanya kita akan membuka beberapa tab dalam satu waktu. Nyatanya, menurut psikolog Marc Hekster, di era modern seperti sekarang, tampilan komputer menggambarkan isi otak kita. Membuka tab begitu banyak sama saja seperti memikirkan berbagai hal secara bersamaan. Selain tidak efektif, tab yang terlalu banyak memberikan distraksi bagi kita saat bekerja.

Pocket merupakan aplikasi yang memungkinkan kita untuk menyimpan halaman web atau artikel untuk dibaca nanti. Dengan begitu, kita bisa lebih fokus pada apa yang harus dikerjakan daripada “tenggelam” dalam tumpukan informasi.

Oh Bother (iOS)

Gangguan saat work from home yang paling sering muncul adalah anggota keluarga yang bisa saja muncul tiba-tiba saat kita tengah meeting atau butuh konsentrasi dalam mengerjakan pekerjaan. Tapi terkadang meminta mereka untuk tidak mengganggu kita terdengar tidak sopan dan bisa saja menyinggung perasaan mereka.

Dengan Oh Bother, setiap anggota keluarga bisa memasang tanda “do not disturb” secara virtual agar saling mengetahui kapan kita tidak ingin diganggu.

Reclaim (Web)

Reclaim merupakan app yang dapat menjadi asisten pribadi untuk mencarikan jadwal untuk kegiatan-kegiatan kecil yang bisa dijadikan sebagai sebuah kebiasaan atau habit seperti menulis, meditasi, atau membaca buku.

Menariknya, saat tiba-tiba ada jadwal meeting yang masuk ke dalam kalender kita, Reclaim bisa menyesuikan jadwal untuk kegiatan kecil kita.

Pragli (Web)

Saat bekerja dari rumah atau work from home (WFH) saat ini, yang paling sulit adalah sinkronisasi dengan tim atau rekan kerja karena semuanya berada di tempat yang terpisah.

Pragli menjadi kantor virtual selama WFH. Dalam Pragli, setiap pengguna memiliki avatarnya masing-masing yang bisa memperlihatkan bahwa kita sedang ada di meja, sedang “pergi” untuk meeting, atau sedang berkonsentrasi mengetik sambil mendengar Spotify. Dengan berada dalam satu ruang virtual bersama, kita bisa dengan mudah menjadwalkan conference call atau berbagi dokumen.  

0 Comment