Foster The People: Under The Moon Single Review
culturamagz  culturamagz

20-11-2020

Foster The People: Under The Moon Single Review

  

Foster The People (FTP) baru saja merilis single terbaru bertajuk ‘Under The Moon’. Single ini akan masuk dalam tracklist EP terbaru mereka, “In The Darkest of Night, Let the Birds Sing” bersama beberapa single yang telah rilis sebelumnya, ‘The Things We Do’ dan ‘Lamb’s Wool’. EP tersebut dijadwalkan rilis pada 11 Desember mendatang dengan total 6 track terbaru di dalamnya.

‘Under the Moon’ menyajikan materi musik yang cukup mengejutkan dalam segi aransemen musik dan eksekusi vokal Mark Foster. Dibuka dengan ketukan drum berpadu dengan riff gitar yang menciptakan warna musik trip hop dan slow rock. Mengiringi vokal Mark Foster dengan range rendah yang jarang Ia bawakan.

Seiring berjalannya lagu, kita akan mendengar kualitas range vokal Mark Foster dari nada rendah menuju falsetto, dibawakan dengan transisi yang lembut. Meski secara keseluruhan, track ini terdengar seperti lagu ballad yang sederhana, ada banyak elemen yang dimasukan, menciptakan satu lagi track eksperimental dari FTP.

Dalam segi lirik, ‘Under The Moon’ memiliki tema cinta yang melankolis seperti single ‘Lamb’s Wool’. Dalam single kali ini, menyampaikan perasaan rindu kepada orang tercinta dengan lirik romantis klasik yang sedikit cheesy dalam artian positif. Ketika kita merindukan seseorang di malam hari menjelang tidur, merindu di bawah sinar rembulan.

Can you see the moon tonight? You’re looking at the same sky

Jika ‘Under The Moon’ memiliki aransemen musik trip hop dan sedikit sentuhan slow rock, ‘Lamb’s Wool’ memiliki sentuhan psychedelic pop. Kemudian ‘The Things We Do’ lebih memperdengarkan genre new wave dan synth-pop. Dari tiga single terbarunya, FTP menunjukan tiga aransemen musik yang saling berbeda satu sama lain, memberikan ekspektasi akan tracklist variatif pada EP terbaru mereka. Sementara materi lirik tampaknya memiliki tema yang serupa satu sama lain yaitu seputar cinta yang melankolis dan gelap.

Sebelum merilis tiga single tersebut, Foster The People telah merilis cukup banyak single dan track kolaborasi dalam tiga tahun belakangan semenjak album “Sacred Heart Club” pada tahun 2017. Mulai dari ‘Pick U Up’, ‘Style’, ‘Imagination’, ‘Ride or Die’ berkolaborasi dengan The Knocks, dan masih banyak lagi single lainnya. Dimana semua single tersebut merupakan project tunggal dengan warna musik yang cenderung up beat, ceria, dan beberapa mengandung lirik inspiratif yang bersemangat.

Sejauh ini, FTP telah menunjukan perkembangan bermusik yang dinamis dan selalu menghadirkan sesuatu yang baru. Sebagai salah satu musisi yang idealis, Mark Foster tampaknya memiliki sense of music yang tidak terbatas, baik dalam hal aransemen musik maupun menulis lirik. Ia mampu menulis lagu cinta yang romantis, namun juga kerap menyuarakan kampanye politik atau isu sosial dengan lantang. FTP mampu meracik musik eksperimental dengan berbagai elemen, namun juga kerap membawakan aransemen sederhana dengan instrumen musik analog.

Album terbaru dari band asal Amerika ini juga kerap dinanti-nanti setiap perilisan berbagai single tersebut. Meski hanya EP, sebagai penggemar, kita pasti nya tetap excited menyambut karya terbaru dari Foster The People yang akhirnya rilis pada akhir tahun ini.

0 Comment